20 November 2023 | 3 Min. Read

Jerawat di Pipi: Penyebab dan Solusinya yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu pasti pernah merasa kesal dengan jerawat yang muncul di pipi, kan? Jerawat di pipi memang terasa lebih merepotkan. Tapi tenang saja, Teman Senka, kita akan bahas penyebab dan solusinya supaya kamu bisa menghadapi jerawat di pipi dengan lebih baik!

Makeup Brushes yang Tidak Dibersihkan

Siapa di sini yang sering malas membersihkan kuas makeup? Jangan dilupakan, ya! Kuas makeup yang kotor bisa mengandung sisa-sisa makeup sebelumnya dan debu, yang bisa menyumbat pori-pori kulitmu. Pastikan untuk membersihkan kuas secara teratur agar makeupmu tetap bersih.

Jika kamu mudah berjerawat, pilih makeup yang non-comedogenic, artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Hal ini akan membantu mengurangi potensi jerawat di pipimu.

Pola Makan yang Tidak Sehat

Teman Senka, faktor lain yang bisa memicu jerawat di pipi adalah pola makan yang tidak sehat. Terutama bagi yang gemar mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi secara berlebihan. Gula berlebih ini dapat meningkatkan insulin dan kadar gula dalam darah.

Dampaknya, hormon seperti androgen dan estrogen di tubuh bisa terganggu. Ketidakseimbangan hormon ini dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit wajah, yang akhirnya membuat jerawat lebih mungkin muncul. Jadi, selain merawat kulit dari luar, perhatikan juga pola makanmu. Hindari konsumsi berlebihan gula dan pilih makanan yang sehat untuk menjaga keseimbangan hormon.

Kebersihan Gadget dan Sarung Bantal

Sebelumnya, coba deh kamu ingat, sudah berapa kali kamu membersihkan ponselmu atau mengganti sarung bantalmu? Kalau jarang, ini bisa jadi penyebab jerawat di pipi. Ponsel yang tidak dibersihkan menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri, yang bisa menyebabkan jerawat. Bersihkan ponselmu secara rutin, ya!

Selain itu, sarung bantal yang kotor juga bisa jadi penyebab jerawat. Kotoran, sisa-sisa makeup, dan debu bisa menumpuk di sana. Ganti sarung bantal secara teratur, setidaknya seminggu sekali, agar wajahmu tidak terus bersentuhan dengan kotoran saat tidur.

Kesehatan Paru-paru dan Sistem Pernapasan

Ada yang pernah mendengar tentang "acne face map"? Jerawat di pipi bisa berhubungan dengan kondisi paru-paru dan sistem pernapasan. Pastikan kamu menghirup udara segar dan melakukan olahraga secara teratur. Terutama saat banyak waktu dihabiskan dalam ruangan, seperti saat work from home. Hindari juga merokok, karena bisa menjadi penyebab jerawat di pipi. Jadi, hirup udara segar dan bersih, ya!

Stres

Studi dalam Clinical, Cosmetics, and Investigational Dermatology menunjukkan bahwa stres juga memiliki kaitan erat dengan jerawat di pipi. Saat stres, beberapa orang mengalami peningkatan hormon kortisol dalam tubuh.

Sayangnya, hormon kortisol ini justru dapat memperburuk jerawat. Selain itu, stres juga seringkali membuat pola makan menjadi tidak sehat. Ini berarti, stres dapat memicu munculnya jerawat di area pipi. Untuk itu, penting untuk mengelola stres dengan baik dan mencari cara-cara untuk merelaksasi diri. Stres yang terkendali akan membantu menjaga kesehatan kulitmu, termasuk pipi yang mulus dan bebas jerawat. Jadi, jangan lupakan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan pikiranmu, ya!

Tidak Membersihkan Wajah

Terakhir, jangan pernah lupakan langkah penting dalam perawatan kulit kita, yaitu membersihkan wajah. Terkadang, setelah seharian beraktivitas di luar rumah, kita mungkin merasa sangat lelah. Namun, tidur tanpa membersihkan wajah, terutama jika kamu menggunakan makeup atau terpapar debu dan polusi, dapat membuat jerawat lebih rentan muncul di pipi. Bahkan, jika kamu terus-menerus mengabaikannya, wajahmu mungkin akan mengalami iritasi dan peradangan. Jadi, jangan sampai kamu lupa untuk membersihkan wajahmu sebelum tidur, ya!

Diperkaya dengan Salicylic Acid, varian Senka Perfect Whip Acne Care memiliki kemampuan khusus untuk membersihkan kotoran, sel kulit mati, sebum berlebih, dan sisa makeup yang bisa menyumbat pori-pori. Ini adalah langkah penting dalam mengatasi jerawat, karena seringkali jerawat muncul karena pori-pori yang tersumbat.

Kyoto Chamomile Extract adalah kandungan istimewa lainnya dalam facial foam ini. Kaya akan antioksidan dan bersifat antibakteri, ekstrak chamomile ini membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit yang cenderung berjerawat.

Selain itu, varian Perfect Whip Acne Care juga mengandung White Cocoon dan Double Hyaluronic Acid. Kandungan ini membantu menjaga kelembapan alami kulitmu setelah membersihkannya. Terkadang, produk jerawat dapat membuat kulit kering, tetapi dengan varian ini, kamu tidak perlu khawatir tentang kehilangan kelembapan.

Jadi, jika kamu sedang berjuang melawan jerawat, Senka Perfect Whip Acne Care bisa menjadi sahabat setiamu. Kombinasi antara Salicylic Acid dan bahan-bahan berkualitas lainnya menjadikannya solusi efektif untuk membersihkan kulit berjerawatmu. Jangan lupa untuk selalu menjaga perawatan kulitmu dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, Teman Senka!

Product Highlights

Perfect Aqua White Mask - Extra White
product
avatar

Kenz.zehyan

23 | Jakarta

Sumpah ini masker bagus banget, paa dipake tu ga bikin kulit ketarik, bikin kulit jadi lebih lembut dan seger gtu
avatar

Eirenemiray

27 | Jakarta

Berasa kulit lebih plumpy. Oiya, wanginya juga enak banget, soft floral yang relaxing menurutku. Bahkan kulit kering / normal pun masih enak pakai produk ini.
avatar

Adrianaomi29

26 | Jakarta

Pas di coba memang gentle banget, ga berasa ketarik, calming
Learn More